Laju Kehamilan Amerika Serikat Turun Akibat Kontraspesi

Apakah hubungan antara turunnya laju kehamilan dengan penggunaan kontrasepsi? Mari kita kaji, dengan menjadikan kasus di Amerika Serikat sebagai perbandingan.

86 % dari penurunan laju kehamilan Amerika Serikat adalah karena peningkatan penggunaan kontrasepsi, sementara proporsi kecil dari penurunan tersebut (14%) adalah disebabkan keinginan remaja untuk menunggu lebih lama dalam memulai hubungan seks, demikian laporan dari John Santelli, MD, MPH, Profesor Populasi Klinik dan Kesehatan Keluarga pada Sekolah Mailman Kesehatan Masyarakat, dan telah dipublikasikan pada American Journal of Public Health. Penemuan saintifik ini mengindikasikan bahwa mempromosikan penundaan seks, adalah kurang cukup untuk menolong remaja mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Data dari laporan,’ Penjelasan Penurunan Kehamilan Remaja di Amerika Serikat: Kontribusi dari penundaan seks dan peningkatan penggunaan kontrasepsi’ menunjukkan bahwa Amerika Serikat mengikuti pola yang terlihat di negara maju lainnya, dimana ketersediaan dan peningkatan penggunaan kontrasepsi adalah penanggung jawab utama pada penurunan laju kehamilan remaja.

Kajian oleh Dr.Santelli dari sekolah Mailman, bersama dengan peneliti dari Institut Guttmacher mengolah informasi dari Survey Nasional Pertumbuhan Keluarga, survey representatif keluarga secara nasional, yang menyediakan data dari remaja perempuan.

Antara 1995 dan 2992, laju kehamilan remaja di Amerika Serikat turun sampai hampir seperempat (24%). Kajian baru mengolah data untuk menentukan kontribusi relatif dari penundaan seks dan penggunaan kontrasepsi pada penurunan ini. Menurut analisis, sebagian besar dari penurunan itu (86%) adalah karena remaja yang aktif secara seksual menggunakan metode yang lebih aktif ( contoh: kondom dan pil KB) dan menggunakan metode itu secara bersamaan (contoh: pill dengan kondom secara bersamaan). Jika melihat rentang umur, penundaan aktivitas seks memainkan peran yang lebih besar pada remaja berusia 15-17 tahun (23 % dari penurunan). Diantara remaja 18-19 tahun, penurunan resiko kehamilan adalah hanya karena penggunaan kontrasepsi yang meningkat.

‘ Amerika Serikat seperti telah mengikuti pola yang terjadi pada negara berkembang lain, dimana ketersediaan dan penggunaan kontrasepsi modern dan kondom telah menyebabkan penurunan laju kehamilan remaja,’ kata Dr.Santelli. ‘Jika sebagian besar dari hasil penurunan ini adalah karena peningkatan penggunaan kontrasepsi, diperlukan kebijakan nasional untuk mendukung hal ini.’

Pengarang menyimpulkan bahwa kajian ini mengangkat pertanyaan serius mengenai kegunaan dana pemerintah federal untuk program pendidikan yang mempromosikan penundaan hubungan seks, dan melarang memberikan informasi mengenai kondom dan kontrasepsi pada remaja. Mereka menganjurkan, supaya kebijakan publik dan program di Amerika Serikat dan dimanapun seharusnya memberikan informasi yang akurat mengenai kontrasepsi, perilaku seksual, dukungan ketersediaan dan aksessibilitas jasa kontrasepsi, dan mempromosikan sikap protektif, termasuk penggunaan kondom dan kontrasepsi, dan perencanaan kehamilan.

Categories: Alat Kontrasepsi | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: